Sudah Tahu Bagaimana Cara Memakai Solder Uap Yang Tepat?

Bagi seorang teknisi elektronika sudah pasti tidak asing dengan yang namanya solder uap. Secara umum, solder digunakan untuk melepaskan dan memasang perangkat elektronika. Pemasangan menggunakan solder akan lebih mudah dan dapat terpasang dengan kuat. Perangkat elektronika seperti smartphone harus dipasang dengan kuat agar tidak berubah sehingga tidak menimbulkan kerusakan atau error.

Sebagai teknisi elektronika harus paham cara pemakaian solder secara benar. Mungkin untuk solder manual yang menggunakan panas pada ujung solder caranya mudah. Tetapi sebenarnya pemakaian dari solder uap ini lebih mudah dan lebih tepat daripada solder berujung panas.

Cara Pemakaian Solder Uap

Perangkat elektronika yang rusak sudah pasti harus dilakukan bongkar pasang. Pada saat melepaskan dan memasang di perangkat elektronika tersebut bukan menjadi hal yang mudah. Terkadang ukurannya terlalu kecil sehingga membutuhkan ketelitian dan kejelian. Jangan sampai setelah dipasang kurang kuat yang dapat menyebabkan lepas kembali saat terguncang.

Cara pemakaian solder uap sebenarnya sangat simpel. Saat dipakai cara memegangnya sama dengan saat memakai solder seperti biasanya. Berikut ini cara memakai solder uap yang tepat.

  1. Menghubungkan Ke Kontak Listrik.

Langkah yang pertama adalah menghubungkan solder dengan kontak listrik agar mendapatkan arus listrik. Setelah terhubung dengan kontak listrik kemudian menekan tombol ON agar solder dapat berfungsi.

  • Melakukan Pengaturan Suhu.

Suhu untuk menghasilkan panas harus diatur terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan. Tekanan udara paling rendah ada pada suhu 0°C sedangkan tekanan udara paling tinggi ada di suhu 200°C. Jika menggunakan yang digital untuk mengatur suhu menggunakan tombol on dan off. Apabila memakai solder uap yang analog maka pengaturan suhunya menggunakan cara memutar tombol.

  • Melakukan Pengaturan Tekanan.

Langkah yang berikutnya adalah melakukan pengaturan pada tekanan udara yang ingin dihasilkan. Terdapat pilihan untuk tekanan udara ini yang dapat dipilih dengan cara memutar tombol pada angka tertentu.

Pemakaian solder uap harus benar agar dapat berfungsi secara tepat. Pengaturan yang paling utama dari solder uap ini adalah pada pengaturan suhu maupun tekanannya. Suhu dan tekanan ini berpengaruh pada hasil yang sesuai dengan kebutuhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *